LOMBA TIK 2012


Tulisan ini dibuat untuk diikut sertakan dalam lomba blog guru dalam rangka PIN 2012

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini (http://www.manadokota.go.id) atau di sini (http://www.pin2012.manadokota.go.id)

OPERASI ALJABAR PADA BILANGAN BERPANGKAT

Bilangan berpangkat sebenarnya adalah sekelompok bilangan yang di kalikan berkali-kali. ( mohon di baca pelan-pelan karena akan sedikit membingungkan). Yah, kira-kira demikian saudara-saudara. Misalnya, bilangan 2 dikalikan sebanyak 5 kali maka akan menjadi 2 x 2 x 2 x 2 x 2 dapat ditulis dalam bentuk 2^5 ( tanda ^ dibaca pangkat – paham !! ). Jadi sebenarnya operasi aljabar baik berupa kali ( x ), tambah (+), kurang (-), atau bagi ( / ) pada bilangan berpangkat adalah mengoperasikan sifat aljabar pada perkalian bilangan berantai yang mempunyai basis sama, dan saya yakin saudara-saudara cukup bingung dengan penjelasan saya.

Baiklah, untuk sederhananya, kita pahami dahulu sifat-sifat operasi umum bilangan berpangkat. Perhatikan gambar di bawah ini.

dengan sedikit manipulasi aljabar, kita bisa menyelesaikan bentuk – bentuk persamaan yang menggunakan komposisi bilangan berpangkat, berbekal sifat – sifat yang di atas. Oh ia, untuk beberapa operasi khusus, terutama pemfaktoran, kita bisa menggukan sifat – sifat seperti di bawah ini.

Saya tidak berharap banyak, saudara – saudara dapat memahami penjelasan saya melaui tulisan ini, sehingga saya fikir akan lebih mudah jika, postingan tentang bilangan berpangkat ini disertai dengan studi kasus alias soal.

Contoh Studi kasus ( alias soal )

Dengan menggunakan sifat perpangkatan bilangan, maka penyelesaian soal tersebut adalah :

Atau untuk kasus pemfaktoran seperti contoh soal berikut :

untuk menyelesaikannya, kita dapat menggunakan sifat pemfaktoran bilangan berpangkat ( puihh ). Sebagai berikut :

Saya kira, walaupun jawaban – jawaban tersebut ditulis dengan tulisan tangan yang tidak terlalu bagus, tapi kedua contoh soal di atas dapat mewakili, bagaimana sifat operasi aljabar pada perpangkatan bilangan, digunakan untuk menyelesaikan permasalahan bentuk persamaan matematika yang menggunakan bilangan berpangkat.

Bilangan berpangkat, sangat erat kaitannya dengan logaritma, nah pembahasan lebih lanjut akan di tulis pada postingan selanjutnya. Vivat matematika.

  1. di komen..ayo di komen..hehehe

  2. Sir ada penulisan yang keliru di contoh yang kedua tuk penyelesaian soal, pemfaktoran yang kedua harusnya (1001-999 ) stau kang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: