DASAR BOCIL

(Tulisan Seri Kemerdekaan oleh Arpan Parutang)

Henry Pu Yi namanya, kaca mata oval ala Bung Hatta adalah salah satu trend yang sangat ikonik dari kaisar terakhir China ini. Lahir pada 7 Februari 1906, Pu Yi menjadi kaisar termuda kedua dalam sejarah dunia sampai saat ini. Bulan Desember 1908, dimana ia belum cukup berumur 3 tahun, keturunan klan Aisin Gioro ini diangkat menjadi Kaisar ke-12  Dinasiti Qing. Walau penunjukan Pu Yi menjadi kaisar adalah simbol usaha mempertahankan Dinasti untuk berkuasa lebih lama, tapi tetap saja Pu Yi adalah bocil yang diberi kuasa, dan namanya bocil, tingkah Pu Yi-pun tetap saja anak-anak, mungkin yang berbeda adalah ia seorang kaisar, jadi tidak ada yang membantah perintahnya.

Sebagai seorang bocil yang merasa berkuasa, Pu Yi punya track record yang banyak tentang bagaimana cara memperlakukan para pelayan dan kasim dengan kejam. Semua pelayan menuruti perintahnya dan tidak ada yang berani membantah apalagi mengajarkan disiplin dan cara menjadi kaisar. Yang dibenak Pu Yi adalah ia berkuasa, dan saat ia berkata semua harus sesuai dengan inginnya.

Walau tetap diasuh oleh ayahnya, kesewenang-wenangan Pu Yi terhadap para bahawan menjadi salah satu bahan bakar Revolusi Xinhai bergulir cepat, dan tentu saja tuntutan reformasi yang memang sangat gencar saat itu membuat Pu Yi kehilangan kekuasaan. Tepatnya 12 Februari 1912, Pu Yi diberhentikan menjadi kaisar dengan Dekrit Kekaisaran tentang penurunan tahta kaisar Dinasti Qing. Walau demikian Pu Yi tetap diperbolehkan untuk menetap di kota terlarang dan istana musim panas.

Sejatinya Pu Yi masih merasa bahwa ia adalah seorang kaisar, dia belum menyadari bahwa istana yang dia tempati adalah sekaligus penjara untuknya. Pada umur 16 tahun, Pu Yi mengganti namanya menjadi Henry Pu Yi, konon ia terinspirasi oleh Raja Henry ke VIII dari Inggris, walau tentu saja si Bocil tidak sehebat Henry VIII dari Inggris. Pada usia mulai menginjak remaja, akhirnya Henry Pu Yi sadar bahwa ia sejatinya bukan kaisar lagi, tapi hanya menjadi tahanan dalam istana oleh pemerintah Republik China.

Pada februari 1925 Pu Yi bersama tim-nya memanfaatkan kekacauan yang terjadi akibat pergolakan politik di China untuk melarikan diri ke wilayah konsesi Jepang di Tianjin. Ia kemudian mendekati Jepang dan minta diangkat menjadi kaisar lagi dengan wilayah kekuasaan di Manchuria. Jepang kemudian mengabulkan permintaan ini, dan mengangkat Pu Yi menjadi kaisar pada 1 Maret 1932. Keinginan Pu Yi ini sebenarnya ditentang oleh ayahnya sendiri, karena menganggap bahwa Jepang tidak tulus dalam memberikan kekuasaan pada Pu Yi, mereka hanya akan menggunakan Pu Yi sebagai boneka, tapi dasar bocil haus kekuasaan, Pu Yi tetap pada pendiriannya dan melanjutkan kerjasama dengan Jepang, walau ia sadar bahwa dunia sedang bergejolak dan Republik China sedang menuju era perubahan drastis.

Saat menjadi penguasa Manchuria ini, Pu Yi tetap membawa kebiasaan buruknya dalam memerintah. Kehidupan yang mewah ala raja disaat rakyat Manchuria sedang menderita dan kekejaman terhadap pelayannya, ditambah lagi dengan ketidakmampuan untuk memerintah dengan baik, membuat rakyat Manchuria menderita dan semakin membencinya. Sampai akhirnya, jepang kalah dalam perang dunia ke-2 dan wilayah Manchuria jatuh ke tangan Moscow. Pu Yi dan pengikutnya pun ditangkap dan dijadikan tahanan oleh  Uni Soviet.

Akhirnya pada tahun 1950 Pemerintah Uni Soviet menyerahkan Pu Yi dan pengikutnya ke Pemerintah China, yang kemudian mengampuni Pu Yi serta mempekerjakannya di kebun raya Beijing sebagai asisten tukang kebun. Pu Yi tidak dieskusi mati oleh pemerintahan Mao Zedong walau ditetapkan sebagai penjahat perang. Ia dibersihkan dari segala kekuasan dan pemikiran feodal kemudian dipaksa menjadi komunis sejati. Diakhir hidupnya Pu Yi kerap digunakan oleh Mao sebagai bahan pameran kepada pejabat asing yang berkunjung ke China, mungkin untuk pemuas rasa keingintahuan mereka tentang kaisar terakhir China, atau sebagai salah satu bukti bagaimana bocil kejam, arogan,  dan tidak kreatif yang dulunya berkuasa harus berakhir. Ah dasar bocil.

About mpang

Arpan Parutang ...that's all..

Posted on Agustus 18, 2022, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar